Friday, October 4, 2013

Penyebab Over Heat

Jika membeli mobil seken kia-visto or merek-type lainnya, lalu menjumpai mobil tersebut over heat maka beberapa point yg perlu di cek adalah sbb:

1.  radiator, penyakit radiator ini bisa mampet, dan bisa sebaliknya, bocor
2.  water pump, penyakit water pump ini bisa keropos dan jadi bocor, bisa juga daun kipas nya keropos, sehingga tidak memompa, bayangkan kipas angin daun kipas nya di protolin, atau copot satu aja, pasti ilang tenaganya

(picture source: http://joeynovak.com)

3.  timing pengapian, jika memakai platina, setting pengapian  terlalu dini, membuat mesin lebih bertenaga, akan tetapi mesin akan juga lebih panas, pada mobil yg sudah cdi/efi, ini sptnya masih mungkin terjadi, karena masih ada satu setelan di unit distributor busi.
4.  dan yang terakhir, yg lebih sulit lagi di deteksi, adalah, kepala cilinder pernah dibubut, sehingga ruang bakar menjadi lebih sempit, maka rasio kompresi pun sudah tidak standard lagi, logiknya mirip dgn poin 3, mesin mungkin jadi lebih bertenaga, tapi panasnya juga gak beres
5.  ada kemungkinan yg lain, tapi saya ragu, adalah salah design,
konon ada merek mobil eropa yg tidak terlalu berhasil di indonesia, saya tidak sebut merek, karena mobil ini sekarang sudah sangat jarang di indonesia, itu karena salah satunya overheat, konon karena mobil itu cepat overheat, lalu ada satu mobil jepang, yg juga terkenal dgn overheat nya, dan penulis sering sekali menjumpai mobil itu mogok overheat di jalan, jadi saya terpikir, ini spt salah design, dan biasanya si mobil jepun tersbut dimodif radiatornya, dgn menambah kapasitas airnya (2 ply mereka bilang) :)

No comments:

Post a Comment